Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Hindari Tumpang Tindih Kewenangan, Pemkab Tanggamus Bahas Penanggung Jawab Operasional Gedung Pasar Semi Modern

Tanggamus (JL) : Rapat teknis dilakukan Pemkab Tanggamus untuk menentukan siapa akan bertanggung jawab atas operasional gedung pasar Semi Modern di Kecamatan Talangpadang, demi menghindari tumpang tindih kewenangan antara pihak pengembang dengan pemerintahan daerah setempat, Selasa (26/07/22)

” Dalam waktu dekat, kami akan melaksanakan rapat teknis untuk menentukan pemerintah daerah melakukan apa,? kemudian yang menjadi tanggung jawab pengembang apa,? agar tidak ada tumpang tindih disini dalam pelaksanaan operasionalnya, ”

Hal ini di sampaikan, oleh Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Tanggamus Hamid Heriyansah Lubis ( Pak Lubis panggilan akrabnya) saat tinjau kesiapan pasar Semi Modern Talangpadang, Senin (25/07/22).

Seperti di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bagaimana pembuangan sampah sementara sampai akhir, walaupun itu menjadi tanggung jawab Camat tetapi tetap dalam pembinaan dan pengawasan pemerintahan Kabupaten dalam hali ini DLH. PU, juga akan lakukan kajian, yang mana akan melaksanakan pembuatan talut di siring sayap kanan pasar. Yang pelaksanaan nya di tahun 2022 ini. Dinas perhubungan, selaku yang menertibkan untuk parkiran karena ada retribusi disitu.

” Nah dengan demikian ini harus sama-sama berjalan baik, dari pengembang maupun dari pemerintah daerah, ” kata Sekda.

Termasuk dengan UPT sebagai representatif (mewakili) dari pemerintah daerah sebagai pelaksana atau koordinator dari pasar yang ada di Kecamatan Talangpadang ini kedepan.

” Saya minta, UPT perbaiki tata kelolanya, bersifat transparan, amanah tidak ada kutipan-kutipan tanpa regulasi yang jelas, tanpa kesepakatan dengan pengembang, sampai nantinya pengembang ini bekerjasama selama 25 tahun, tolong ini dijaga dengan baik amanahnya, pasar kita sudah baik infrastrukturnya,” tegas pak Lubis

Sementara, terkait dengan adanya pasar sementara yang berlokasi di sekitar depan kantor Camat Talangpadang Sekda minta pihak pengembang untuk memfasilitasi perpindahannya.

“Dan saya minta, PT Lingga (red-pengembang) tetap memfasilitasi perpindahan dari pasar sementara yang berada di sekitar kantor camat Talang Padang, semua harus pindah kesini karena berdasarkan tata ruang itu tidak diperuntukkan untuk pasar. Jadi tidak akan bisa dikeluarkan izinya, hanya sementara saja karena pasar ini kondisi sedang dibangun,” tutupnya. (Jeni)



WhatsApp chat