Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Samapta Polres Tanggamus dan Basarnas Latihan Bersama Peningkatan Kemampuan SAR

Tanggamus (JL) : Personel Sat Samapta Polres Tanggamus bersama Basarnas melaksanakan latihan bersama dalam peningkatan kemampuan Search And Rescue (SAR) di Dam Margo Tirto Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting. Selasa (23/11/21).

Latihan perdana tersebut ditinjau langsung Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K guna memberikan motifasi personelnya serta guna mengetahui kemampuan SAR personelnya.

Pantauan di lokasi, Kabag Ops Kompol Bunyamin, SH., MH. Kasat Samapta AKP Sururudin bersama personelnya tampak menyimak penjelasan-penejelasan awal yang disampaikan Basarnas.

Pun demikian, ketika praktek lapangan menggunakan perahu karet Basarnas dan Kano Polri, personel Polres Tanggamus sangat bersemangat melakukan serangkaian latihan evakuasi korban tenggelam.

Kabag Ops Kompol Bunyamin menjelaskan, pihaknya bersama Basarnas melakukan latihan SAR guna meningkatkan kemampuan sehingga dapat membantu masyarakat yang terkena musibah baik banjir, longsor maupun tenggelam.

“Latihan hari ini dengan pengenalan terkait alat-alat perahu karet dan evakuasi menggunakan perahu karet, bagaimana membantu korban tenggelam,” kata Kompol Bunyamin usak kegiatan.

Menurut Kabag Ops, kegiatan latihan akan terus berlanjut sesuai jadwal yang telah ditentukan.

hasil latihan tersebut kedepanya diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. “Latihan akan berlanjut dengan pelatihan-pelatihan hari senin dan rabu. Kita akan bergabung bersama-sama,” tandasnya.

Ditempat sama, Katim Basarnas Tanggamus Hendra menjelaskan bahwa, pelatihan untuk penyelamatan, teknik pemasangan mesin dan evakuasi korban di air.

“Pelatihan hari ini meliputi penyelamatan di air, dengan mengulas bagaimana mesin tempel, teknik dayung dan pengenalan perahu, serta teknik evakuasi korban di air,” jelasnya.

Hendra menegaskan, dalam pelatihan tersebut secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar. “Alhamdulillah seluruh rangkaian latihan berjalan lancar,” tegasnya.

Kesempatan itu, Hendra berharap kedepannya dalam segala jenis pelatihan SAR maupun kegiatan SAR itu dapat terus bersinergi. “Harapannya pelatihan tidak hanya di air, namun dalam latihan SAR dan kegiatan SAR dimanapun tetap bersinergi,” tandasnya. (rls/Jeni)



WhatsApp chat