Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

DPC LAN Tanggamus Dukung Arahan Sekda ASN Lakukan Tes Urine

Tanggamus (Journal) : Menanggapi pernyataan Sekda Drs.Hamid H Lubis Ketua Dewan Pengurus Cabang Lembaga Anti Narkotika (DPC-LAN) Tanggamus berikan dukungan penuh atas program Pemerintah untuk lakukan tes urine secara berkelanjutan yang di gadang-gadang akan di lakukan ke Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten setempat. Sabtu (20/11/12)

Angin segar bagi masyarakat setempat,.dalam rangka memberantas narkoba di kalangan pegawai Pemerintahan Kabupaten Tanggamus, yang mana di buktikan tes urine mendadak terhadap nya, di salah satu kedinasan, yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berikut di ikuti rapidi tes bagi mereka di beberapa waktu lalu.

Peristiwa dan viralnya atas temuan dan tertangkap nya dua oknum ASN Tanggamus, saat diduga memakai/menggunakan barang terlarang Narkoba (sabu) tersebut, di kurun waktu yang berdekatan, tepatnya pada bulan yang sama Oktober 2020, di kediaman mereka masing-masing, tentu ini mendapatkan pandangan serta penilaian negatife dari masyarakat, yang mana ASN semestinya memberikan contoh dan tauladan yang baik dalam perbuatan.

Seperti kata Wendy warga Pekon Sinar Semendo Kecamatan Talang Padang berujar dan memberikan pandangan miris terhadap mereka oknum yang terjerat kasus Narkoba tersebut, ” Iya, tah, ko bisa, ya, pegawai Negeri nyabu, ini pemerintah dan pihak yang berwajib musti tegas, harus di berantas, kalau mereka saja seperti itu, bagaimana dengan generasi penerus selanjutnya dan masyarakat yang masih minim pengetahuan dan pemahaman akan bahaya narkoba, ini oknum memberikan contoh buruk terhadap masyarakat”, gumam nya, sembari kembali lakukan aktifitas nya nguli ngecat tembok di salah satu rumah warga Pekon Gunung Meraksa Kecamatan Pulau Panggung.

Budi Hartono selaku ketua DPC LAN Tanggamus, yang telah resmi dilantik atau dikukuhkan oleh Ketua DPD Agung Dermawan di Bandar Lampung pada waktu lalu, tepat nya Selasa 10 November 2020, merasa miris melihat fenomena ini, apa lagi yang dilakukan oleh oknum-oknum ASN tersebut.

Oleh sebab itu, ia selaku ketua DPC sebuah lembaga pemberantasan narkotika di kabupaten setempat, sangat mendukung akan program pemerintah tersebut, ia berharap kedepan nya tidak ada lagi pegawai atau pun masyarakat pada umum nya, yang terjerembab ke dunia sensasi yang di akibat kan oleh zat berbahaya tersebut.

“Kami, dari Pengurus Lembaga Anti Narkotika di Daerah, siap menjadi garda terdepan dalam memberantas Narkotika di Kabupaten Tanggamus, dan sangat mendukung penuh akan program-program pemerintah kedepan, khusus nya dalam rangka untuk memberantas Narkotika,” tegasnya penuh semangat.

Diketahui, yang mana jika dikonsumsi berlebihan Narkoba secara terus-menerus, Narkotika banyak mengandung zat-zat yang sangat merugikan bagi tubuh manusia.

” Zat tersebut adalah Zat Adiktif yang akan memberikan dampak buruk bagi tubuh, baik secara Fisik maupun Psikis (mental), secara umum, efek yang dirasakan apabila terpapar narkoba atau zat adiktif sejenis adalah gangguan fungsi organ vital, seperti gangguan jantung, otak, paru-paru, sistem saraf, dan lain-lain. Proses penggunaannya itu sendiri juga berisiko menularkan Infeksi HIV dan Hepatitis, yang dapat menurunkan kualitas hidup bahkan mengancam keselamatan jiwa.

“sayangilah keluarga kita, dimulai dari badan kita dulu, ingat jangan pernah kompromi dengan Narkotika, jauhi itu Narkotika, karena nikmatnya sesaat bahayanya seumur hidup, “kata Budi.

Ia pun menambahkan bahwa Narkotika terbagi menjadi tiga Golongan yaitu, (Golongan I), Jenis Narkotika yang dikenal umum antara lain Ganja, Sabu-sabu, Kokain, Opium, Heroin, dll,(Golongan II), Jenis Narkotika yang dikenal masyarakat antara lain Morfin, Pertidin dll, (Golongan III), Jenis Narkotika yang dikenal masyarakat antara lain Kodein, jauhi Narkotika selagi masih sempat”, tutupnya.

Sebelum nya diberitakan oleh beberapa media di Kabupaten Tanggamus diantaranya media online Detakmedia.com, guna mengantisipasi penyalahgunaan narkoba, Pemkab Tanggamus bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tanggamus, melaksanakan Tes Urine secara mendadak pada OPD.

Kali ini kegiatan tersebut menyasar Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tanggamus, Kamis (19/11/2020).

Kegiatan dipantau langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, didampingi Kepala Dinas PUPR Riswanda Djunaidi, Kepala BKPSDM Aan Derajat, serta Kepala BNNK Tanggamus Kolbidi.

Selain itu, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona dilakukan juga Rapid Tes. Terlebih tiga OPD Pemkab Tanggamus telah terpapar Covid 19.

Sekdakab Hamid H. Lubis, disela kegiatan menyampaikan bahwa secara teknis kegiatan tes urine sama halnya yang telah dilakukan bagi OPD yang lain, dimana kegiatan tersebut dilaksanakan tanpa sepengetahuan dari seluruh jajaran yang ada di Dinas PUPR, baik dari Kepala Dinas, Sekretaris, Kepala Bidang hingga jajaran staf.

Yang menjadi alasan kami, Pemerintah Daerah melaksanakan Rapid Tes dan Tes Urine adalah, Pemda ini berada dalam satu kompleks dan beberapa waktu yang lalu hasil Swab beberapa dari jajaran OPD terindikasi positif Covid 19, dan kebetulan letak dari kantor PUPR bertetanggaan dengan salah satu kantor yang pimpinan atau kepala OPDnya yang postif Covid 19,” kata Sekda.

Lebih lanjut, Sekda menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan, namun dengan waktu yang belum ditentukan.

Kegiatan akan dilakukan berkelanjutan, tetapi saya secara tugas dan tanggung jawab tidak bisa memberitahukan kelanjutannya dimana dan kapan,” terangnya. (Jeni)



WhatsApp chat