Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

PD IWO Tanggamus Berikan Bantuan Terhadap Korban Banjir

Tanggamus (Journal) : Kisah pilu Ibu Sajiem warga Sedayu yang terkena dampak pasca banjir di Kecamatan Semaka yang sempat di tinjau Tim PD IWO Kabupaten Tanggamus selain dari Ibu Darmi istri veteran pada saat melaksanakan Bakti Sosial secara berkala untuk ke-beberapa Kecamatan di Tanggamus. Selasa (06/10/20).

Pada saat tim didampingi oleh aparatur Pekon Sedayu untuk meninjau situasi dan kondisi pasca banjir. Tiba-tiba seorang Ibu berteriak agar kiranya tim berkenan untuk melihat kediaman nya sembari berurai air mata ia ajak tim kerumahnya, dengan rasa penasaran tim turun untuk mendatangi rumah beliau, dengan menarik tangan salah satu anggota PD IWO ia menunjukkan salah satu sudut bagian rumahnya yang diterjang material tanah akibat dibawa air dari atas bukit, pada saat malam peristiwa banjir Rabu malam 30 September 2020.

Miris memang, dari sejak malam itu hingga hari ini 6 Oktober 2020, menurut beliau belum ada satu kali pun tim bantuan didatangkan baik dari Pekon, Kecamatan pun dari Pemkab setempat, “belum ada pak, bantuan apa,? pernah ada bantuan sembako sekali nggak tau dari mana,” terang beliau sembari terisak-isak.

“Lihat pak, maaf pak kalau tadi saya tarik-tarik” katanya ke tim karena memang beliau dengan amat sangat mengiba saat mengajak tim.

Ia menuturkan, bila dirinya dirumah bersama suaminya, dan anak nya yang disana sudah berumah tangga, ada pun yang dua orang sedang ada ditanah rantau, “saya sama suami, anak disana sudah misah, yang dua dirantau, ya itu om, jangan di lihat depannya saja, tapi belakang nya, maaf ya om, tadi tak tarik, ini sumur sudah tidak ada, ketutup, liat om,”, tutur Ibu Sajiem ke awak media (TIM IWO) dan mengajak ke belakang untuk melihat kondisi belakang rumahnya.

Setelah melihat hampir secara keseluruhan belakang rumah beliau, yang bisa dikatakan memang tepat disisi tebing dan samping rumahnya ada siring aliran sungai kecil dari lereng bukit, material tanah yang di bawa air memang masih terlihat jelas belum sama sekali dilakukan pembersihan.

Melihat kondisi itu Odo Kuswantoro (Ketua PD IWO Tanggamus merasa perihatin, dan meminta kepada Ibu Sajiem untuk bersabar, pada saat menyerahkan sembako yang di dapat dari sumbangsih para dermawan berikut pejabat yang berpartisipasi bersama, “tujuan baksos ini selain memang adalah kegiatan berkala PD IWO Tanggamus, juga untuk mengajak juga memotipasi pihak-pihak terkait untuk bisa lebih peka, terhadap sesama, dan juga mengajak hadirnya bersama, ketengah masyarakat untuk melihat secara langsung kondisi dan situasi sebenarnya, aktifitas masyarakat setelah pasca bencana atau di daerah lain di Kabupaten Tanggamus ini,” kata beliau.

Wiwin Triani, selaku Camat Semaka menyambut baik kedatangan tim yang sudah mau datang ke-Posko bantuan, bertempat di kantor kecamatan setempat,” ini wujud perhatian dari kawan-kawan media yang tergabung di Ikatan Wartawan Online (IWO), kami sangat apresiasi sekali, akan pergerakan kawan-kawan dan mudah-mudahan bisa menjadi contoh untuk yang lain, agar kalau langsung meninjau seperti ini, akan tau persis akan keadaan yang ada,” Imbuh beliau.(Jeni)



WhatsApp chat