Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Banjir Landa Sebagian Wilayah Tanggamus

Tanggamus (Journallampung) : Lagi dan lagi, banjir bandang melanda sebagian wilayah Kabupaten Tanggamus. Malam ini, sekitar pukul 19.15 WIB, banjir bandang kembali menerjang Pekon Sukaraja, Kecamatan Semaka.

Hingga pukul 21.00 WIB, kondisi di lokasi banjir masih diguyur hujan sangat deras. Listrik di wilayah tersebut juga padam sesaat setelah banjir datang.

Selain menggenangi sejumlah rumah warga, banjir juga menggenangi Jalan Lintas Barat (Jalinbar) ruas Pekon Sedayu. Dari pesan berantai yang beredar di media sosial, kondisi banjir cukup parah. Arus airnya juga cukup kuat.

Hingga berita ini ditulis, belum ada pihak terkait yang bisa dimintai keterangan. Namun pesan berantai di media sosial itu menyebutkan:

“Banjir terjadi akibat meluapnya air sungai di Pekon Sukaraja dan air parit Jalan Sedayu dan sudah menggenangi Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Way Kerap – Sedayu. Naiknya air sungai di Pekon Sukaraja dikarenakan tanggul penahan sungai sudah jebol saat hujan deras beberapa hari yang lalu.

Salah seorang petugas dari Polsek Semaka yang berhasil dihubungi, membenarkan malam ini sedang terjadi banjir bandang besar di Pekon Sukaraja dan Jalinbar Way Kerap Sedayu sudah tergenang sehingga sulit dilalui kendaraan.

“Wilayah yang terparah malam ini di Pekon Sukaraja. Hingga saat ini air menggenangi rumah-rumah warga dan belum surut. Untuk Jalinbar tergenang. Banyak juga material yang berserakan di badan jalan. Jadi belum bisa dilewati oleh kendaraan roda dua, empat, maupun kendaraan yang lebih besar,” kata petugas di lapangan melalui sambungan telepon pukul 21.15 WIB.

Sementara personel dari Koramil Wonosobo yang membawahi Kecamatan Semaka menambahkan, saat ini kondisinya warga Pekon Sukaraja dan Pekon Way Kerap yang terdampak banjir bandang, sedang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

“Untuk saat ini situasi masih hujan deras dan listrik padam. Tindakan koramil segera melaporkan kepada satuan atas serta berkoordinasi dengan Camat dan Kapolsek Semaka dan melaporkan kepada BPBD Tanggamus,” tandas personel Koramil Wonosobo. (*)



WhatsApp chat