Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Bupati Tanggamus Hadiri Pembagian Beras PKH

Tanggamus (Journal) : Bupati Tanggamus Dewi Handajani, SE, MM hadiri Launching Bantuan Beras PKH dan Berikan Bantuan E- Warung PKH KPM bertempat di dusun Kebun Duku Pekon Sukamerindu Kecamatan Talang Padang. Rabu (23/9/20).

Bupati mengatakan, Program Keluarga Harapan (PKH ) merupakan program yang digagas oleh kementerian Sosial RI, di mana program ini memberikan bantuan uang non tunai bersyarat kepada keluarga penerima manfaat ( KPM).

PKH bertujuan, untuk mengurangi angka kemiskinan dan memutus rantai kemiskinan, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“PKH di Kabupaten Tanggamus, telah berjalan cukup lama kurang lebih selama 8 tahun, yaitu sejak tahun 2012 karenanya kita berharap dengan adanya PKH, semakin banyak keluarga PKH yang meningkat kesejahteraan sosialnya, perekonomiannya sehingga bisa menjadi masyarakat, yang berdaya dan mandiri untuk kemudian melakukan graduasi Mandiri yaitu melepaskan diri dari ketergantungan terhadap bantuan”, Kata Bupati.

Lanjutnya, untuk tetap mempertahankan daya beli masyarakat, serta menjaga pemenuhan kebutuhan pokok pemerintah telah memutuskan berbagai kebijakan, “terkait bantuan sosial diantaranya itu kebijakan PKH kepada 10 juta KPM, kartu sembako pada 20 juta KPM, kartu Pra kerja, pembebasan tarif listrik 450VA , serta diskon tarif listrik 900VA, program pemberian modal usaha bagi pelaku UMKM program pemberian bantuan sosial tunai ( BST), serta BLT Dana Desa pada masyarakat di luar penerima PKH dan sembako serta berbagai kebijakan-kebijakan lainnya.

“Adapun kebijakan, terbaru untuk PKH yang di keluarkan oleh pemerintah, pusat adalah pemberian bantuan sosial beras yang diberikan kepada seluruh penerima PKH, yang masing-masing akan menerima sebanyak 15 kg beras/KPM/bulan, penerima sebanyak 34.959 KPM selama tiga bulan, yaitu bulan Agustus September dan Oktober 2020, dan tersebar di 326 titik.

Dimana bansos beras yang diberikan adalah beras kualitas medium yang berasal dari Perum Bulog. Sedangkan untuk penyaluran ke KPM ditugaskan transporter yaitu PT BGR dan tentu salah satu kewajiban pendamping PKH adalah melakukan pengawasan dan mematikan keluarga PKH menerima bantuan tersebut. Dan kami selaku pemerintah daerah berharap agar semua pihak saling berkoordinasi dan bekerja sama agar program tersebut dapat berjalan lancar di seluruh wilayah kabupaten Tanggamus”, pungkasnya.

“Selanjutnya, saat ini kita tengah menghadapi era New Normal akibat pandemi yang tengah melanda di seluruh dunia. Pandemi ini juga menghadapkan kita pada jurang resesi akan tetapi kita harus semangat dan optimis bisa melewati masa penuh ini dengan tidak boleh mengharapkan protokol kesehatan juga harus selaras meningkatkan perekonomian masyarakat,tetap terapkan 3M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan pakai sabun dengan air mengalir,serta hindari Kerumunan, agar kita selalu terhindar dan terjaga dari Wabah Pandemi Virus Corona Covid-19”, ujarnya.

Sementara itu, Irpangi Korwil I PKH Wilayah Lampung menerangkan, bahwa tahap I dan II yakni bulan Agustus dan September secara bersamaan akan direalisasikan sebananyak 30 kilogram untuk satu penerima yang mana rinciannya per tahapnya penerima mendapatkan sebanyak 15 kilogram, sementara untuk tahap III akan direalisasikan pada bulan Oktober mendatang.

“Beras bersumber dari Bulog yang mana telah bekerjasama dengan Kemensos, dengan type beras medium, dan kegiatan hari ini ialah launcing untuk Kabupaten Tanggamus yang akan disalurkan di seluruh kecamatan bagi peserta PKH,” terangnya.

Adapun jumlah penerima bantuan tersebut lanjutnya ialah 34.959 peserta PKH, dengan jumlah beras yang akan diterima hingga tahap III sebanyak 45 kilogram, sementara untuk pendistribusian akan dilakukan oleh Bhanda Ghara Reksa (BGR) yang memang telah ditunjuk menjadi pendristribusi beras bantuan tersebut.

“Jadi dari gudang Bulog hingga ketitik bagi disalurkan oleh BGR, bisa di e-warung atau balai desa, atau dirumah ketua kelompok PKH, atau rumah pendamping PKH, dan nanti akan dibantu oleh pendamping setelah beras tersebut sampai ke titik bagi,” tandasnya.

Kadis Dinas Sosial Zulfadli, menyampaikan bahwa hari ini akan diserahkan 30 Kg beras untuk 34.959 KPM PKh yang ada di Tanggamus untuk periode bulan September dan Oktober.

Kegiatan ini selaku penyedia barang adalah dari PT. Bulog dan transportasi dari PT. BGR , mereka akan bekerja sama dengan PKH kita untuk menyalurkan KPM di seluruh Kabupaten Tanggamus.

“Ditempat ini juga adalah E warung penyalur program Sembako dia berfungsi sebagai penyalur bantuan beras dan sebagi E warung sehari- harinya. Harapan kita tiga tahun kedepan mereka lepas dari penerima bantuan graduasi karena mereka memiliki usaha lain harapan kita juga mereka mendapat tambahan KUR untuk bantuan E warung yang ada di 149 titik E warung yang ada di Tanggamus akan mendapat seribu orang Prasejahtera pada periode akhir nanti untuk sedikit meringankan beban kehidupan mereka sehari-hari”, Tutupnya”.

Turut hadir Staf Ahli Bupati Firmn Ranie, Kadis Sosial Zulpadli, Kadis Kominfo Sabaruddin, Kabag Protokol Riens Abdul Kadir, Selamat Baydowi GM. PT BGR Logistics, Irfangi Korwil PKH Wilayah Lampung, Habibullah Koordinator PKH Kabupaten Tanggamus, Camat Talang Padang Agustus Hamid, Para Pendamping PKH, serta Penerima Bantuan. (Jeni)



WhatsApp chat