Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Ajak BPPSDMP Kementerian RI Panen Buah Semangka, Ini Respon Positifnya Terhadap Kepemimpinan Bupati Nanang

Lampung Selatan (Journal): Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto ajak Kepala Badan Penyuluhan & Pembangunan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M. Agr berserta rombongan panen buah semangka bersama di Kebun Edukasi Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Kamis (03/9/2020).

Sebelumnya, Kedatangan rombongan BPPSDMP Kementerian Pertanian RI ke lampung selatan bertujuan untuk me-Launching Model Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di wilayah lampung selatan yakni di Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Palas serta melakukan audiensi bersama jajaran pemerintah daerah.

Selanjutnya setelah melakukan audiensi, Bupati Nanang mengajak rombongan kementerian untuk melihat-lihat perkebunan edukasi yang digagasnya dan melakukan panen buah semangka bersama.

Turut mendampingi saat itu, Sekretaris Daerah Lamsel, Thamrin, para staf ahli bupati, para asisten, Kepala Dinas TPH & Perkebunan, Bibit Purwanto, dan para kepala OPD lainnya.

Di lokasi panen, Nanang menceritakan kepada seluruh rombongan BPPSDMP Kementerian RI bahwa perkebunan edukasi digagas untuk membantu ketahanan pangan masyarakat lamsel dimasa pandemi covid-19.

Nanang juga menjelaskan, bagaimana pemberdayaan penyuluh pertanian di desa-desa nantinya akan diberikan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para petani di lamsel.

“Semenjak covid-19, kita mengalami suatu dilema terutama mengenai ketanan pangan masyarakat kami. Untuk itu kami memanfaatkan lahan-lahan tidur di seluruh lamsel yang tidak berguna menjadi lebih bermanfaat. seperti saat ini kita melakukan panen semangka dan kemarin panen melon,” Ujarnya.

“Kita akan manfaatkan waktu, untuk melakukan pelatihan-pelatihan dari BPP untuk meningkatkan SDM petani di lamsel. Sehingga nanti seluruh petani dan kelompok tani di lamsel lebih maju lagi,” Pungkasnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M. Agr, optimis program pembangunan pertanian, pemberdayaan dan peningkatan SMD melalui BPP di lampung selatan akan cepat berhasil.

“Pak Bupati Lampung Selatan ini tidak hanya berbicara, kita semua lihat disini luar biasa. Dengan kepemimpinan, Ide beliau dan gerakan beliau bisa memanfaatkan lahan yang tadinya terlantar menjadi lahan produktif. Saya yakin pembangunan pertanian melalui BPP dengan tujuan meningkatkan kapasitas, keterlampilan, pengetahuan para penyuluh dan petani, Insya Allah akan cepat berhasil di lamsel,” Ucapnya.

“Kita baru saja panen semangka dengan berat ada yang sampai 7 kg, itu kan luar biasa. Bahkan ada beberapa jenis semangka ada semangka besar, ada semangka inul. Saya sudah merasakannya, ini rasanya manis. Ini adalah contoh bagaimana memberdayakan lahan untuk ketahanan pangan. Bukan hanya lamsel, tapi nanti insya allah juga untuk ketahanan pangan nasional,” Ujarnya. (Fit)



WhatsApp chat