Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

12 Pekon Alami Banjir Akibat Luapan Sungai Semaka

Tanggamus (Journal) : Hujan lebat pada hari Kamis sore 09/01/20 terdapat 12 Pekon terendam banjir di Kecamatan Semaka akibat luapan sungai Way Semaka Kabupaten Tanggamus. Jum’at (10/01/20)

Dari BPBD Tanggamus yang disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan Adi Nugroho via telepon selulernya mengatakan, ada 12 Pekon di Kecamatan Semaka terendam banjir dari luapan sungai Way Semaka pada Kamis kemarin.

“Jumlah keseluruhan, terdapat 483 rumah rusak ringan, 187 rumah rusak sedang dan 18 rumah rusak berat, dan tidak ada korban jiwa” kata Adi Nugroho, Jumat (10/1/2020).

Adi Nugroho mengaku saat ini situasi mulai normal, air sudah surut, dan personil Polri, TNI dan lembaga lain sedang melakukan pembersihan dampak banjir tersebut.

“Dari tadi siang sudah dilakukan pembersihan material longsor, jalan sudah bisa dilalui namun masih dalam keadaan darurat,” ungkapnya.

Selanjutnya Adi Nugroho menerangkan, BPBD Tanggamus sendiri telah mendirikan posko di Pekon Pardawaras dan Pemda Tanggamus telah menurunkan alat berat.

“Pemda telah menurunkan 2 Eksapastor mini, Satu Eksapastor besar, satu buldoser untuk pembuangan. Sementara untuk BPBD sudah menurunkan peralatan kedaruratan,” ungkapnya. (Jeni)



WhatsApp chat