Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Wakabinawasa : Muscab Tuntutan Dasar AD-ART

Lampung Utara (Journal) : Musyawarah cabang merupakan tuntutan anggaran dasar dan rumah tangga gerakan pramuka. Muscab ini harus dilakukan dengan rentang waktu lima tahun sekali.

“Level dari pelaksanaan musyawarah dalam gerakan pramuka itu mulai dari tingkat nasional, daerah dan cabang,” kata Wakabinawasa Gerakan Pramuka Kwarda Lampung, Abdullah RM dalam pembukaan Musyawarah Cabang ke IC Kwarcab Lampung Utara di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Karang Kedempel, Prokimal, (17/12/09).

Kak Abdi sapaan akrabnya ini mengatakan, muscab pada dasarnya adalah mendengar laporan pertanggungjawaban dari rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan selama lima tahun. Dalam perjalanannya, Kwarcab Lampung Utara sudah banyak menorehkan prestasi dengan raihan yang variatif.

Menurut Kak Abdi, sejak adanya Kwarcab gerakan pramuka di Lampung Utara, seluruh kegiatan kepramukaan di bumi penghasil komoditas lada ini sangat rapih.

“Pada saat itu kegiatan (kepramukaan) di Lampung Utara sangat terdokumenter dari pada kwarcab lainnya, contoh pelaksanaan kursus mahir dasar (KMD) di sini lengkap,” ujar Kak Abdi.

Lanjut mantan anggota DPRD Lampung Utara periode 1997-1999 itu, Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Utara harus terus meningkatkan semua potensi agar bisa mempertahankan prestasi yang sudah diraih selama ini.

“Sekarang tinggal kakak-kakak sendiri bagaimana mempersiapkan diri, karena kwarcab lainnya sudah mulai berbenah, ” imbuhnya.

Atas raihan prestasi tersebut, Kwarda Lampung kata Kak Abdi, memberikan apresiasi .

Diketahui sebelumnya, Kamabicab Gerakan Pramuka Lampung Utara, diwakili kepala BKKBN, Sutikno telah membuka kegiatan Muscab. Ajang Muscab ini dihadiri unsur kepolisian, Kodim dan 23 Kwartir Ranting (peserta muscab). (r)



WhatsApp chat