Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Wirahadikusumah : KEJ Adalah Standar Moral Menjalani Profesi Wartawan

 

Bandar Lampung (Journal) : Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung sampai dengan tahun 2019 telah melahirkan wartawan kompeten sebanyak 693 orang. Jumlah ini bertambah usai pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan ke XX yang digelar PWI.

Dari jumlah peserta sebanyak 30 orang, 20 dinyatakan lulus dan 10 belum kompeten.

Demikian disampaikan Wakil Ketua bidang Pendidikan PWI Lampung, H Wirahadikusumah saat penutupan UKW Ke XX di gedung PWI Lampung, 23 November 2019.

“Bagi kawan-kawan yang belum kompeten jangan berkecil hati, masih banyak kesempatan ukw lainnya,” kata Wira sapaan akrabnya.

Dari hasil penilaian para penguji, banyak diantara peserta tidak lulus dalam mata uji kode etik jurnalistik. Fakta ini, kata Wira, bahwa banyak peserta lemah dalam memahami aturan.

“KEJ itu adalah standar moral kita dalam menjalankan profesi kita. Ya paling tidak dimaknailah 11 pasal yang ada dalam KEJ itu,” saran Wira.

Ditambahkan Wira, Dewan Pers telah menetapkan soal pedoman media sumber yang semua aturan-aturan media online. Dari pedoman itu bisa diketahui apa saja yang bisa dilaksanakan atau diterapkan dalam menjalani profesi jurnalistik.

“Untuk itu saya mengajak semua peserta termasuk diri saya agar bisa memahami aturan-aturan yang ada dalam jurnalistik. Dan saya ucapkan selamat bagi yang sudah kompeten, yang belum jangan berkecil hati,” tutup Wira. (r)



WhatsApp chat