Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

dr Zam : Penanganan Yang Tepat Dapat Meminimalisir Akibat

Bandar Lampung (Journal): dr.Zam Zanariah,Sp.S.M.Kes hadiri siaran sehat itu perlu dengan tema sakit kepala di TVRI, Jum’at (14/06/2019).

Acara tersebut dibawakan oleh dr. Isura atau yang lebih akrab di sapa dengan sebutan dr. Icu. Kedua dokter cantik ini berkolaborasi memberikan hiburan di pagi hari untuk masyarakat Lampung bukan hanya sekedar hiburan namun dr. Zam memberikan edukasi mengenai sakit kepala ke masyarakat.

Hampir semua orang pasti pernah merasakan sakit kepala. Tanda sakit kepala biasanya terasa tegang, sakit di kedua sisi kepala, dan beberapa ketegangan di leher. 

“Pemicu utama bisa karena pilek atau penyakit lainnya, perubahan asupan kafein dan melihat layar untuk jangka waktu yang lama, terkena panas, hujan serta kebanyakan tidur” kata dr. Zam

Menurutnya, ada beberapa cara untuk membedakan, bahwa yang di keluhkan adalah sakit kepala primer atau sekunder. Beberapa tanda bahaya dari sakit kepala tersebut yaitu, sakit kepala mendadak hebat dan belum pernah dirasakan sebelumnya.

Adapun sakit kepala migrain yakni sakit kepala yang memungkinkan terjadinya denyutan atau berat sebelah. Gejala lain termasuk sensitivitas cahaya, mual, dan sensitivitas terhadap suara dan bau. Beberapa orang juga mengalami gangguan sensorik, dan bahkan mengalami kesemutan di satu sisi tubuh.

“Untuk mencegah timbulnya sakit kepala yakni istirahat yang cukup, menerapkan pola hidup sehat serta hindari pemicu sakit kepala lalu segera hubungi dokter apabila merasakan gejala-gejala sakit kepala. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat, sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan”, pesan dr. Zam.(r)



WhatsApp chat