Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Sampai di Mahan Agung, Arinal-Nunik Naik Tandu Adat

Bandar Lampung (Journal) : Pasangan Gubernur dan Wagub Lampung periode 2019-2024, Arinal Djunaidi – Chusnunia Chalim (Nunik) tiba di Mahan Agung (rumah dinas gubernur) Kamis (13/06) sekira pukul 15:08.

Kedatangan mereka di Mahan Agung kali pertama pascadilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) Keduanya dilantik Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Istana Negara Jakarta, Rabu (12-6-2019).

Pelantikan tersebut dihadiri sejumlah tamu undangan, antara lain: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nanang Trenggono, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Staf Ahli Gubernur Fahrizal Darminto serta keluarga dari Arinal – Nunik.

Tiba depan di Mahan Agung, Arinal-Nunik yang mengenakan pakaian dinas gubernur dan wagub berwarna putih dan Arinal Djunaidi mengenakan topi adat nampak kompak sembari mengurai senyum, pada para undangan yang cukup lama menunggu mereka tiba.

Mereka pun disambut Marga Balak Teluk Betung, dengan pembacaan pantun berbalas menggunakan bahasa Lampung serta ‘Seserahan’ dalam penyambutan, serta diperagakan Pencak Silat Khakot yang diperagakan beberapa Hulubalang (pesilat) menggunakan tombak dan pedang.

Arinal-Nunik yang didampingi istri dan suami memasuki tandu adat Lampung berjalan perlahan memasuki Mahan Agung.

Prosesi ini mengandung arti agar Arinal-Nunik mendapatkan perlindungan Allah SWT. Serta berpijak pada keadilan untuk kesejahteraan masyarakat Lampung. Serta bisa bersinerginya adat Lampung dengan Pemprov Lampung

Nampak di jajaran tamu undangan yang hadir di Mahan Agung tokoh Lampung, adat, agama, tokoh masyarakat, akademisi, pejabat teras Pemprov Lampung, bupati, BUMN, BUMD, pimpinan bank, Organisasi perangkat daerah, organisasi massa dan lainnya.

Sebelumnya, Arinal-Nunik tiba di Bandar Udara (Bandara) Internasional Radin Inten II, Kamis (13-6-2019).

Keduanya tiba di Bandara menggunakan pesawat Garuda Indonesia sekitar pukul 13.35 WIB. Mereka langsung disambut tokoh adat pubian dan abung yang terdapat di Marga Bhuku Jadi.

Selain itu, mereka juga disambut beberapa pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, antara lain: Plt Sekprov Taufik Hidayat, Staf Ahli Gubernur Fahrizal Darminto dan Plt Kepala Dinas Perhubungan Qudrotul Ikhwan.

Arinal – Nunik langsung dikalungkan tapis Lampung oleh Mulei Meghanai setempat. Sebelum masuk ke ruang VIP, Arinal – Nunik menjalani proses penyambutan.

“Jadi ibaratnya raja baru pulang tanahnya, jadi disambut begitu,” kata Perwakilan Tokoh Adat Sungkai Bunga Mayang Asiadi.(r)



WhatsApp chat