Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Arinal-Nunik Diminta Lestarikan Budaya Adat Lampung

Bandar Lampung (Journal) : Masyarakat adat Lampung menaruh harapan besar kepada Gubernur Lampung H. Arinal Djunaidi dan Wagub Chusnunia, harapan itu tersirat mulai dari suara arus bawah hingga pucuk tetinggi pimpinan adat dalam hal peran dan pembinaan.

Harapan pertama datang dari tetua adat dan pengurus MPAL yakni, Drs H Ahmad Nyerupa Adop Suttan Ratu Balaibang yang mengatakan, secara yuridis formal keberadaan MPAL Lampung sudah diakui melalui perda No.05 tahun 2013, kita memiliki suatu peranan memasyarakatkan, melestarikan dan mengembangkan adat istiadat dan kebudayaan lokal.

“Itu tidak terlepas dari kerjasama dengan pokmal, kan disitu ada etnis dari aceh sampai papua nah kembali kesitu kita berterimakasih pada Gubernur baru ada angin segar untuk kami saat berbuka puasa beberapa waktu lalu bahwa beliau ingin memfungsikan sebagai mana makna dari perda no 05 tahun 2013 itu,”Ujarnya.

Siapun yang menjadi Gubernur, itu seharusnya memnang berkesinambungan, jangan seperti saat lalu kita colling down karena kita inikan dari kultur dan tokoh-tokoh ada yang terdiri dari berbagai macam tingkat oleh sebab itu bila tidak di dibantu oleh Pemerintahan Provinsi itu sendiri.

“Kan itu sudah jelas didalam perda untuk APBD tingkat satu, tingkat maupun pusat, didalam kepres no 39/30 itu juga sudah jelas baik mengenai aksara bahasa maupun budaya, nah untuk itu mari kita elaborasi bersama untuk kemajuan Lampung,”Jelasnya.

Disisi lain Ahmad Nyerupa juga beharap dengan dipimpinya Lampung Oleh Gubernur H.Arinal kedepan dapat berjalan bersama

“Kita ingin bahwa Lampung bersatu baik Pepadun maupun saibatin, Pak Arinal Sendiri Orang Adat, Buk Nunik juga demikian sudah masuk adop dan warga Lampung jadi sudah klop itu, mari ciptakan kerjasama yang harmonis, kita siap bantu pemerintah dan pemerinta juga harus ada perhatian kepada kita,”Kata Nyerupa.

Harapan besar lain ialah bagaimana agar pelestarian adat tetap berjalan, bagaimana agar Blangiran kembali eksis , Berbalas pantun kembali eksis sehingga masyarakat kembali senang, artinya repon positif itu ada dan terasa oleh masyarakat adat secara luas.

“Pak Gub ini an orang organisasi sejak KNPI, ya beliau pastilah ada harapan kami, Beliau punya niat bagus, Niat ghati dan perbuatan tinggal kita konsekwen saja,”Tukasnya.

Menambahkan pernyataan Nyerupa, terpisah Tokoh adat Bukuk jadi Lampung selatan yakni M Asri Ngadiko Suttan Punyimbang Bumi buay punyi mengatakan, pihaknya berbangga hati dan sekaligus menaruh harapan besar kepada gubernur terpilih, bagaimana agar masyarakat adat lebih diperhatikan dan dirangkul.

“Kita yakin Lampung kedepan akan lebih maju, peranan Gubernur juga kita nantikan agar Lampung secara adat dan budaya lebih berkembang,”Kata M Asri.

M Asri juga berharap kerja sama yang baik antara masyarakat adat dan Pemerintahan Provinsi Lampung bisa berjalan beriringan secara maksimal, sehingga dapat menjadikan kerjasama yang baik.

“Kita siap support dan dukung pak Gubernur Arinal dan Wagub Chusnunia untuk kemajuan Lampung,”Demikian M Asri.(r)



WhatsApp chat