Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Dinsos Lambar Akan Gulirkan Program Pemberian Bantuan Rehab 137 RTHL

Lampung Barat (JL) L Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lampung Barat, Pemkab Lambar melalui Dinas Sosial memiliki program pemberian bantuan rehab 137 rumah tak layak huni (RTLH). Setiap rumah akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 15.000.000,- yang akan diberikan langsung oleh Dinsos kepada penerima RTLH.

Kabid Bantuan dan Rehabilitasi Sosial Rega Saputra, SE mendampingi Kadis Dinsos Raswan, SH. MM. menjelaskan, “Mekanisme pengajuan rehab bisa dari masyarakat langsung atau pendataan RTLH tiap-tiap Pekon dari Tenaga Kerja Sosial (TKS) dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Setelah terdata, kemudian mereka melakukan kordinasi pada Peratin setempat. Melalui Musyawarah Desa (Musdes), Peratin selanjutnya akan memilih siapa-siapa saja yang layak menerima bantuan dan akan diteruskan ke Dinas”, terangnya, Jum’at (15/02).

Tugas dinas nantinya akan verivikasi dan validasi ke Pekon untuk mencari RTLH dengan mengacu pada Perbup. Seperti :

1. Harus warga Lambar, memiliki e-KTP dan KK

2. Masuk di Basis Data Terpadu (BDT) fakir miskin

3. Belum pernah menerima program serupa selama jangka waktu 10 tahun

4. Memiliki legalitas kepemilikan tanah

5. Melihat keadaan rumahnya, layak atau tidak (atap, lantai dan dinding)

Setelah memenuhi persyaratan dan kriteria, maka Dinas akan segera memproses bantuan. “Kita tunggu secepatnya supaya kita bisa langsung verivikasi dan validasi. Dan melalui vasilitator di lapangan, kita pun akan langsung mengawasi proses pembangunan penerima rehab tersebut”, tegasnya.

Diketahui, program ini adalah yang kedua setelah pada tahun sebelumnya sudah terealisasi bantuan serupa untuk rehab 100 RTLH.

“Pihaknya berharap, program penanggulangan kemiskinan ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat serta membantu huniannya menjadi lebih layak untuk ditinggali”, tutupnya.(Fb)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat