Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

BPBD Lambar Akan Gelar Pelatihan Satgas SAR

Lampung Barat (JL) :Guna mendukung Lambar sebagai Kabupaten Tangguh Bencana, BPBD Lambar tahun ini kembali akan melakukan pendidikan dan pelatihan satgas SAR nya untuk menambah wawasan dalam penanganan serta penyelamatan saat sewaktu-waktu terjadi bencana.

Ditemui di kantornya Kabid Kesiap-siagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD Lambar Andy Cahyadi mendampingi Kepala BPBD Lambar Gison Sihite, Kamis (14/02), menjelaskan, “Di bulan Juni mendatang selama 4 hari, satgas SAR akan melakukan lagi pendidikan dan pelatihan yang direncanakan akan digelar di hutan kawasan TNBBS. Kami akan mengundang BASARNAS dan BPBD Provinsi guna mendidik serta melatih satgas SAR Kabupaten Lambar agar memiliki kemampuan yang lebih baik dalam melakukan penanganan hingga penyelamatan korban saat sewaktu-waktu terjadi bencana”, ujarnya.

Pemusatan pelatihan akan dilakukan di hutan kawasan TNBBS dengan tajuk Jungle Rescue selama 4 hari. Setiap tahun pihaknya melakukan pendidikan yang berbeda, “Tahun lalu, 31 satgas SAR melakukan pendidikan dan pelatihan di Danau Ranau untuk simulasi korban tenggelam. April tahun ini kami akan lakukan pendidikan dan pelatihan di hutan kawasan TNBBS. Setiap tahunnya, pendidikan dan pelatihan digelar ditempat yang berbeda, hal ini supaya satgas SAR memiliki kemampuan yang mumpuni di segala medan”, imbuhnya.

Lambar merupakan Kabupaten yang rentan bencana seperti gempa dan longsor, karena Lambar termasuk daerah yang berbukit. Dan longsor dapat terjadi sewaktu-waktu akibat curah hujan yang tinggi.

“Maksud dan tujuan pendidikan dan pelatihan satgas SAR Lambar ini agar menambah dan meningkatkan SDM setiap personilnya supaya saat sewaktu-waktu terjadi bencana, satgas SAR mampu memberikan kontribusi yang baik dalam menangani bencana sambil menunggu bantuan datang dari BASARNAS dan BPBD Provinsi”, tutupnya.(Fb)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat