Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Pemprov Lampung Berpartisipasi dalam “La Borza Internazionale Del Turismo Di Italia

Bandar Lampung (JL) : Pemerintah Provinsi Lampung berpartisipasi pada “La Borza Internazionale Del Turismo” atau biasa disebut BIT Milano yang berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 10 – 12 Februari 2019 di Milan, Italia. Gubernur Ridho turut mendampingi mendampingi Duta Besar Indonesia di Italia Esti Andayani ketika membuka acara tersebut.

Menurut Gubernur Ridho, keikutsertaan Lampung di BIT Milano akan mampu menyumbang target 300 ribu kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Lampung. BIT Milano merupakan pameran pariwisata terbesar di Italia yang telah rutin diselenggarakan sejak tahun 1980.

Seperti diketahui, target 250 ribu wisatawan mancanegara pada tahun 2017 lalu, mampu Provinsi Lampung lewati dengan realisasi jumlah wisman sebesar 274.742 wisman.
“Lampung optimistis bisa meraih target jumlah wisman sebesar 300 ribu, apalagi setelah peningkatan status Bandara Raden Intan II menjadi bandara internasional,” ujar Gubernur Ridho.

Kunjungan wisman ke Provinsi Lampung terbesar adalah mengunjungi Pesisir Barat dengan pesona ombak selancar nya, sehingga pemerintah juga mendorong agar penerbangan minimal pesawat jenis ATR menuju bandara Taufik Kiemas segera terealisasi. “Targetnya dengan terbukanya akses ke Pesisir Barat, maka akan semakin menarik wisatwan mengunjungi lampung,” ujar Gubernur.

Promosi wisata di BIT Milano, menurut Gubernur, akan sangat efektif, karena Lampung bukan merupakan salah satu dari 10 destinasi unggulan yang ditetapkan Kemenpar. Namun Lampung harus mampu memposisikan diri dan menarik kesempatan serta membuka peluang agar mampu menjadi destinasi tujuan wisman. “Untuk itu, ikutserta dalam pameran bertaraf internasional secara kontinyu harus kita lakukan,” ujar Gubernur Ridho

Selain itu, Pemerintah juga menargetkan melakukan promosi efektif. Gubernur siap menerapkan program yang mengikuti setiap promosi oleh Provinsi Bali. “Targetnya wisatawan yang telah mengunjungi Bali akan mengunjungi Provinsi Lampung. Sehingga ke depan harapannya kunjungan wisman ke Lampung akan menyaingi Lombok. Promosi itu akan sangat efektif karena akan sgr dibukanya penerbangan Bali-Lampung-Singapura,” tambah Gubernur.

Keikutsertaan Indonesia dalam BIT Milano ini juga dalam rangka memperingati 70 tahun peringatan hubungan diplomasi antara Indonesia dan Italia, yang juga akan dirayakan dengan diadakannya berbagai event oleh KBRI Roma di Italia dan Kedubes Italia di Indonesia sepanjang 2019.

Dalam pameran BIT Milano tahun ini, Paviliun Indonesia mengisi lahan seluas 80 m2 dan mengusung tema kapal Phinisi dengan tampilan suasana Bali. Paviliun Indonesia dibuka secara simbolis dengan pengguntingan pita oleh Duta Besar RI untuk Italia, Ibu Esti Andayani, didampingi oleh Gubernur Lampung, Ridho Ficardo.

Paviliun Indonesia juga diramaikan dengan berbagai kegiatan mulai dari Business to Consumer (B2C), Business to Business (B2B), hingga pertunjukan seni budaya yang menampilkan tarian tradisional dan kostum carnival serta demo body painting/henna oleh henna artist.

Ada pula hospitality corner, sebagai tempat untuk menyajikan kopi asli Indonesia sekaligus untuk merepresentasikan keramahan masyarakat Indonesia.

International Tourism Exchange juga dikenal sebagai ‘akronim BIT, adalah manifestasi dari internasional yang dipromosikan oleh Fieramilano sejak 1980. Dan dimaksudkan untuk menyatukan para operator wisata, agen perjalanan, perusahaan dan perusahaan, promosi pariwisata atau yang terkait dengan sektor yang kompleks, di untuk meluncurkan penawaran wisata dari masing-masing perusahaan dari seluruh dunia ke observatorium yang berkualitas. Itu diadakan di Milan, dan memiliki reputasi dunia.

Pada edisi 2007, yang ke dua puluh tujuh, 150.000 pengunjung ambil bagian, termasuk 108.000 operator profesional, serta puluhan ribu agen perjalanan. Edisi 2008 semakin memperkuat karakter internasional acara tersebut setelah melihat kehadiran 152 negara dan 155.000 kehadiran secara keseluruhan. Untuk alasan ini, Bit mewakili batu loncatan utama untuk penawaran pariwisata dari setiap wilayah di Italia. Bit ini juga dikaitkan dengan serangkaian acara sampingan yang bertujuan menggali pasar wisata global, dengan konferensi, seminar, meja bundar, dan pameran. Bit edisi 2017 melihat kembalinya acara tersebut di ruang Fieramilanocity dengan perubahan tanggal menjadi April, setelah beberapa tahun di mana acara tersebut berlangsung pada bulan Februari di paviliun Rho Fiera. Edisi 2018 akan terus diadakan di Fieramilanocity tetapi akan kembali ke tanggal Februari, periode yang lebih tepat bagi operator pariwisata yang harus merencanakan musim berikutnya.(Humas Prov Lampung)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat