Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

UU 14 KIP Menjadi Titik Tolak Terhadap Aspek Legalitas

Way Kanan : Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengatakan undang–Undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi  Publik (KIP),   menjadi titik  tolak terhadap aspek legalitas,  upaya masyarakat dalam mencari, memilih  sumber dan  mendapatkan  informasi  yang faktual dan  dapat dipercaya.

“Dengan Undang-Undang tersebut  badan publik harus bisa menyesuaikan  diri untuk menyampaikan informasi  kepada masyarakat sebagai pengguna informasi publik khususnya informasi tentang berbagai kegiatan dan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah,” kata Adipati dalam acara Penyerahan Sub Domain SKPD, Email SKPD dan Email Sanapati SKPD dan Layanan Informasi Publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan di ruang rapat utama Setdakab Way Kanan, Kamis,( 07/02/2019).

Dikatakan Adipati  yang diwakili yang dibacakan Sekda Way Kanan ,Saipul, bahwa perkembangan pembangunan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi dan komunikasi tentunya tidak hanya untuk aktivitas layanan atau pengelolaan informasi, dalam pelaksanaannya membutuhkan banyak hal sebagai penunjangnya. Komunikasi dan informasi mempunyai peran penting  dan mendasar pada berbagai aspek, bahkan pada saat ini informasi telah menjadi bahan yang sangat berharga dan menentukan untuk mengambil kebijakan dalam menentukan keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

Informasi pembangunan dan kebijakan pemerintah yang penting diketahui dan dipahami oleh masyarakat, tidak semuanya dapat dipublikasikan melalui media massa konvensional, namun saat ini dapat dipublikasikan melalui media online maka informasi dapat lebih cepat efektif dan efisien.

Terbitnya Instruksi Presiden No 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-government adalah tantangan yang harus kita jawab khususnya bagi penerapan teknologi komunikasi dan informasi dibidang pemerintahan, pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam proses pemerintahan akan meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

Website merupakan cara untuk menunjukkan eksistensi dari Pemerintah Kabupaten Way Kanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui kegiatan apa saja yang telah dilakukan oleh Pemerintah yang dapat diakses oleh siapa dan kapan saja. Hal tersebut sesuai kebutuhan masyarakat untuk memperoleh informasi secara cepat dan mudah, karena informasi memiliki peran yang sangat penting dan menentukan untuk mencapai suatu tujuan.

Dengan diserahkannya Sub domain website SKPD, Maka penyebaran informasi pembangunan dan kebijakan pemerintah menjadi tugas yang sangat penting dilakukan oleh administrator sub domain website SKPD, saya meminta agar Administrator dapat pro aktif menyampaikan informasi capaian program kegiatan kepada masyarakat sehingga peringkat kita pada anugerah keterbukaan informasi publik tahun ini dapat lebih baik lagi dari tahun lalu.

“Pada Hari ini juga diserahkan Email Sanapati yang merupakan pelaksanaan kegiatan Jaringan komunikasi sandi internal di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan  yang mencakup kerahasiaan dokumen pemerintah yang bekerjsama dengan Badan Siber sandi Negara.

“Saya berpesan kepada pemegang atau Admin email sanapati untuk memilih, memilah, dan membedakan informasi-informasi yang bersifat rahasia, sangat rahasia, terbatas, penting, dan biasa, yang tak kalah pentingnya Admin email sanapati harus mampu menjaga kerahasiaan dokumen pemerintah,’ tutup Adipati.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Way Kanan, Bakhril mengatakan Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik  memberikan kewajiban kepada setiap Badan Publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik  khususnya masyarakat untuk mendapatkan informasi publik.

Terkait dengan Hal itu website baik domain maupun sub domain memiliki peran yang sangat penting dalam pelayanan keterbukaan informasi publik, selain itu website juga merupakan salah satu sarana strategis yang harus dimanfaatkan dalam membuka kran transparansi informasi publik setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat.

Pada kesempatan ini izinkan kami laporkan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan hari ini  sebagai berikut:

I. Dasar pelaksanaan:

1.            Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik

2.            Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika Nomor : 28 /PER/M.KOMINFO/9/2006 Tentang Penggunaan Nama Domain go.id Untuk Situs Web Resmi Pemerintahan Pusat Dan Daerah.

1.            Peraturan Bupati Way Kanan Nomor 47 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Way Kanan.

II. APLIKASI YANG DISERAHKAN KEPADA SKPD:

Adapun Aplikasi  yang akan diserahkan kepada SKPD adalah sebagai berikut:

1.            Sub Domain Website SKPD Dan Layanan Informasi Publik

2.            Email SKPD

3.            Email Sanapati

Pada kesempatan yang baik ini pula izinkan kami menyampaikan bahwa pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan pada Tahun 2018 berhasil meraih peringkat Ketiga Anugerah keterbukaan Informasi Publik Dari Komisi Informasi Provinsi Lampung untuk Kategori Kabupaten Kota dan Kampung Bumi Baru yang kita ikursertakan Untuk Kategori desa berhasil meriah peringkat Kelima.

“Hal iru tentu menjadi tantangan Bagi aparatur pemerintah untuk meningkatkan keterbukaan  informasi kepada masyarakat sebagai wujud dan salah satu implementasi dari sistem pemerintahan berbasis elektronik,’ kata Bakhril. (rilis/jhon)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat