Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Panja BPIH DPR RI Pasktikan Biaya Haji 2019 Tidak Naik

Bandar Lampung (JL) : Panitia Kerja (Panja) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) DPR RI menetapkan biaya haji 2019 tidak naik dari biaya haji 2018. Nilainya Rp 35.235.602.

Panja BPIH DPR memastikan biaya haji 2019 tersebut pada Senin (4/2/2019). Menanggapi penetapan biaya haji 2019 ini, Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat dan Informasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung Istutiningsih mengaku belum mengetahuinya. Pihaknya masih akan menunggu keputusan presiden yang akan menegaskan angka BPIH 1440 Hijriah.

“Saya belum tahu. Kami menunggu keppresnya saja,” kata Tuti, sapaan akrabnya, melalui ponsel, Senin (4/2/2019).

Terkait kapan keppres tersebut keluar, Tuti menyatakan bukan kapasitasnya untuk menjawab.

“Itu kewenangan pusat,” ujarnya.

Soal kuota calon jemaah haji, menurut Tuti, sejauh ini belum ada perubahan. Untuk Lampung, jelas dia, kuota calhaj sebanyak 7.074 orang, yang juga mengacu kuota calhaj 2018. Sementara untuk kuota rinci kabupaten/kota, lanjut Tuti, tergantung daftar tunggu calhaj.

“Itu kan (kuota kabupaten/kota) siapa yang cepat daftar, dia yang berangkat. Tidak ada sebenarnya kuota kabupaten/kota. Jadi, tidak mungkin sama dengan tahun lalu. Bisa saja tahun ini untuk Bandar Lampung lebih banyak orang yang masuk daftar tunggu, atau sebaliknya,” terang Tuti. 

Tantangan

Merujuk Tribunnews.com, Ketua Panja BPIH DPR Ace Hasan Syadzily menjelaskan, biaya haji 2019 sama dengan biaya haji tahun sebelumnya. Pihaknya mengambil keputusan ini di tengah sejumlah tantangan dikutip dari tribunlampung.co.id.(*)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat