Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Bupati Way Kanan : Media Massa Berperan Dalam Perubahan Pola Tingkah Laku Masyarakat

Way Kanan (JL) : Dalam sebuah negara yang menjunjung tinggi demokrasi, jurnalis merupakan pilar penting dalam mengawal pembangunan. Peran aktif media turut mewarnai perjalanan kemerdekaan dan proses demokrasi di Negara Indonesia.
“ Media massa juga ikut berperan dalam perkembangan dan atau perubahan pola tingkah laku masyarakat,” kata Kadis Kominfo Kabupaten Way Kanan, Bakhril mewakili Bupati Way Kanan dalam Pelatihan Jurnalis dan Fhotografer Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Kasui, Minggu (03/02/2019).
Menurut Bakhril, jika melihat sejarah panjang jurnalistik di Indonesia, khususnya memasuki era reformasi, seorang Jurnalis dibebankan tanggungjawab yang cukup besar yakni memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan informasi. Menegakkan nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia, serta menghormati kebhinekaan. Mengembangkan pendapat umum berdasar informasi yang tepat, akurat, dan benar.
“Tak hanya itu seorang jurnalis harus mampu melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum dan memperjuangkan keadilan dan kebenaran,” imbuh Bakhril.
Akhir-akhir ini, dikenal istilah citizen Journalism atau jurnalisme warga yang merupakan Kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita.
Dalam jurnalisme warga, warga tidak hanya menjadi konsumen media tapi juga bisa terlibat dalam proses pengelolaan informasi itu sendiri mulai membuat, mengawasi, mengoreksi, menanggapi, atau sekadar memilih informasi yang ingin dibaca.
Ditambahkan Bakhril, partisipasi aktif masyarakat dalam penyampaian informasi dan Berita juga telah diperkuat dengan adanya kewajiban setiap Kabupaten membentuk Kelompok Informasi masyarakat yang diamanatkan oleh pemerintah melalui kementerian komunikasi dan Informatika.
Kelompok Informasi Masyarakat juga sangat penting untuk mewujudkan masyarakat kita yang inovatif khususnya melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.
Peran KIM juga sangan penting dalam memperlancar arus informasi antar pemerintah dengan masyarakat dan antar golongan dengan mendayagunakan informasi kita berharap kedepannya akan juga meningkatkan nilai tambah masyarakat.
“Hari ini akan diadakan pelatihan Jurnalistik dan Fhtografer, ini merupakan momen yang cukup strategis untuk para peserta dalam mengetahui lebih jauh tentang jurnalisme dan fhotografer. Kita berharap pelatihan ini dapat melahirkan Jurnalis-jurnalis dan Fhotografer Handal di Bumi Ramik Ragom yang Kita cintai ini,” tandasnya.
Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya dalam pesan akhirnya dibacakan Kadis Kominfo, Bakhril berpesan untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya ilmu yang didapatkan pada pelatihan ini dapat dimanfaatkan untuk Way Kanan Maju dan berdaya saing.
“Akhirnya, dengan mengucapkan “Bismillaahirrohmaanirrohiim”, Pelatihan Jurnalis dan Fhotografer Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Tahun 2019 Secara resmi saya nyatakan dibuka, Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita semua. Amin Ya Robbal Alamin,” tutupnya. (jhon)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat