Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Gubernur Lampung Segera Lantik Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lampura Agung-Budi

Bandar Lampung (JL) : Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo diagendakan melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara terpilih Agung Ilmu Mangkunegara dan Budi Utomo pada tanggal 25 Maret 2019 mendatang di Gedung Balai Keratun Lantai III Kantor Gubernur Lampung sekitar pukul 10.00 WIB.

Hal itu diungkapkan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Taufik Hidayat saat memimpin rapat awal persiapan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara, Jumat 01 Februari 2019 di Ruang Rapat Asisten.

Menurut Taufik, mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2016 Pasal 13 ayat (4) tentang cara Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, penyerahan memori serah terima jabatan Bupati tidak dilakukan, dikarenakan Bupati terpilih merupakan petahana dan tidak ada jeda Penjabat Bupati.

“Sementara untuk pelantikan Ketua PKK, Bunda PAUD dan Dekranasda Lampung Utara akan dilaksanakan setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati selesai bertempat di Gedung Pusiban Kantor Gubernur,” ujar Taufik.

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Biro Humas dan Protokol bersama Biro Pemerintahan dan Otda juga akan melaksanakan gladi kotor dan bersih, pada tanggal 22 Maret 2019 sekitar pukul 14.00 WIB.

Penetapan Agung Ilmu Mangkunegara dan Budi Utomo sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU nomor 069/HK.03.01-kpt/1803/KPU-kab/VII/2018 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan wakil terpilih dalam Pilbup Lampura Tahun 2018.

Pasangan ini meraih suara terbanyak yakni 162.426 suara, mengungguli pasangan Zainal Abidin –M. Yusrizal dan pasangan Aprozi Alam-Ice Suryana.

KPU Lampung Utara menggelar pleno rekapitulasi dan penetapan, pemilihan bupati dan wakil bupati Lampung Utara, Kamis (6/7).

Pleno dihadiri oleh komisioner KPU Lampura, komisioner Panwaslu, saksi dari paslon cabup dan cawabup Lampura. ‎Pleno hari ini juga mendapat penjagaan dari  gabungan polisi, TNI AD, Brimob, Dishub, dan Satpol PP.

Berdasarkan hasil pleno, suara terbanyak diraih  pasangan Agung Ilmu Mangkunegara dan Budi Utomo (ABDI) dengan 162.426 suara.  Kemudian, pasangan calon bupati dan wakil bupati Lampung Utara Zainal Abidin dan Yusrizal (Za Ya) meraih 104.885 suara.  Adapun paslon bupati dan wakil bupati Aprozi Alam dan Ice Suryana (Oce) meraih  52.139 suara.

Paslon nomor urut tiga, ABDI menang di 21 kecamatan, sedangkan sisanya dimenangkan oleh pasangan nomor urut satu Za Ya.

Sebelumnya diketahui, Komisi Pemilihan Umum Lampung Utara menetapkan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam rapat pleno di kantor KPU, Senin (12/2/2018).

Ketiganya adalah Agung Ilmu Mangkunegara-Budi Utomo (Abdi), Aprozi Alam-Ice Suryana (Oce), dan Zainal Abidin-M Yusrizal (ZaYa). Usai pleno, tiga pasangan ini menyerukan ajakan berpolitik santun, jangan terpecah belah, dan tidak menjelek-jelekkan di antara pasangan calon.

“Rakyat jangan terpecah belah. Biarkan rakyat memilih berdasarkan nurani,” kata Agung.

Agung yang cuti pada 15 Februari-24 Juni ini menilai, pilkada merupakan ajang silaturahmi, bukan ajang pertarungan. Aprozi meminta masyarakat dan para pendukungnya berpolitik santun.

“Mari berpolitik santun dalam pilkada tahun ini,” imbaunya. “Berikan suara Anda. Jangan lupa datang ke TPS (tempat pemungutan suara) pada 27 Juni.”

Sementara Zainal-Yusrizal melalui perwakilan dari Partai Demokrat Herwan Mega berharap pilkada berjalan aman.

“Kami berharap sesama pasangan calon tidak saling menjelek-jelekkan,” ujar Herwan.  (Humas Pemprov Lampung)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat