Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Gubernur Ridho Tandatangani SK Pengangkatan Sally Sebagai PLT Bupati Mesuji

Bandar Lampung (JL)-Mempercepat roda pemerintahan Pemkab Mesuji, pasca Khamami, masuk penjara sebagai tahanan KPK. Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menandatangani surat pengangakatan Wakil Bupati Mesuji Saply TH sebagai pelaksana tugas (Plt.) Bupati Mesuji terhitung 28 Januari 2019.

Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung Chandri, membenarkan hal tersebut, Senin (28/1). “Sudah diteken pak Gubernur dan sudah diambil oleh Asistennya, jadi dia (Saply) sudah resmi menjadi Plt. Bupati Mesuji,” ujar Chandri.

Adapun SK Gubernur Lampung yang ditujukan ke Wakil Bupati Mesuji tertanggal 28 Januari 2019 tersebut bernomor SK 131.18/0178/01/2019 tentang penugasan Wakil Bupati Mesuji selaku pelaksana tugas Bupati Mesuji.

Sebelumnya, dengan ditingkatkannya status Bupati Mesuji Khamami yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK RI menjadi tersangka, maka secara otomatis status Khamami saat ini juga berubah menjadi bupati nonaktif.

Sementara Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kasuspen Kemendagri) Bahtiar mengungkapkan, sesuai pasal 65 poin 3 dan 4 Undang-undang (UU) no 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dijelaskan, Kepala daerah yang tengah menjalani masa tahanan dilarang melaksanakan tugas dan kewenangannya. Selanjutnya wakil kepala daerah melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah.

“Sudah pasti nonaktif. Wakil Kepala Daerahnya yang menjalankan tugas dan wewenang Kepala Daerahnya sampai ada keputusan pengadilan yang inkracht,” ujar Bahtiar melalui pesan whatshappnya.

Terpisah, Wakil Bupati Mesuji Saply TH resmi menjabat pelaksana tugas (plt) bupati menyatakan akan berupaya agar roda pemerintahan di Mesuji tetap berjalan normal. “Ya sudah kita terima surat penugasan (plt) dan saya siap menjalankan roda pemerintahan sebagaimana mestinya,” kataya, Senin (28/1/2019).

Pj Sekretaris Kabupaten Mesuji, Adi Sukamto, menambahkan tidak ada yang berubah pasca-tertangkapnya Bupati Khamami. ”Pemerintahan tetap berjalan seperti biasa. Setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) juga terus menjalankan tupoksinya. Saya mengimbau semua SKPD lebih meningkatkan sinergitas. Programprogram yang sudah berjalan harus tetap dilanjutkan,” katanya.

Terpisah, Plt Inspektur Mesuji, Indra Kusuma, menerangkan seiring penunjukkan Saply sebagai plt bupati, SK honorer Mesuji ke depan akan ditandatangani plt. “Artinya dengan diterimanya surat penugasan tersebut semua program yang telah dicanangkan oleh Bupati Khamami akan dilanjutkan oleh plt bupati,” tutupnya. (red/*)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat