Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Adipati Buka Kegiatan Pembinaan dan Pembekalan Bagi Anggota Satlinmas

Way Kanan (JL) : Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya membuka kegiatan Pembinaan dan Pembekalan bagi Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam rangka menghadapi Pemilu tahun 2019 di GSG Way Kanan, 14 Maret 2019

Dikatakan Adupati, Program Pembinaan Linmas setiap tahun dilaksanakan dalam upaya peningkatan kemampuan dan kapasitas anggota Linmas agar menjadi Anggota Satlinmas yang profesional dan terampil sesuai dengan amanah Permendagri Nomor: 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Linmas dan Permendagri Nomor: 42 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas. Perlu diketahui anggota Linmas di Kabupaten Way Kanan berjumlah 2.227 anggota.
Sebagaimana kita ketahui pada tanggal 17 April 2019 mendatang bangsa kita akan menyelenggarakan Pemilu secara serentak, yang merupakan sarana demokrasi untuk mewujudkan kadaulatan rakyat yang berkualitas melibatkan partisipasi masyarakat seluas-luasnya dan dilaksanakan dalam suasana kondusif diwarnai dengan situasi dan kondisi yang tertib, aman dan tentram.
Suksesnya pelaksanaan pemilihan umum dimaksud tidak hanya menjadi tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) selaku penyelenggara, tetapi merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat termasuk dari anggota Linmas.
Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, termasuk melaksanakan penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum.
Begitu penting dan besarnya peran Linmas dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, maka sangat bijaksana jika pemerintah memberikan perhatian kepada aparat Linmas sebagai bentuk apresiasi terhadap peran mereka selama ini. Satlinmas dituntut kesiapannya yang mantap dan akurat baik teknis dari perangkat perlindungan masyarakat secara profesional, sehingga masyarakat yang berhak memilih dapat menyalurkan aspirasi politik dengan aman, tenang dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun.
Pembekalan dan Pembinaan linmas pada hari ini memberikan makna dan spirit bagi segenap warga Linmas agar bersemangat dalam pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara serta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Linmas dalam penanganan gangguan dan ancaman dengan cepat, dan tepat khususnya dalam pelaksanaan Pemilu.
Saya berpesan kepada Satuan Linmas yang hadir pada hari ini, ikutilah dan manfaatkanlah kegiatan Pembinaan dan Pembekalan ini dengan sebaik-baiknya, sebagai kesiapan dalam melaksanakan tugas yang telah dibebankan kepada saudara-saudara pada pelaksanaan Pemilu mendatang.
Bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, ikhlas dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan saudara-saudara merupakan mitra masyarakat harus dapat membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus bersinergi dengan anggota satuan polisi pamong.
Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Akhirnya dengan mengucapkan bismilahirohmannirohim Pembinaan dan Pembekalan Anggota Linmas dalam rangka mengahadapi Pemilu tahun 2019 secara resmi saya nyatakan dibuka.(JHON)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat