Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Biro Humas dan Protokol Pemprov Lampung Gelar Bimtek Keprotokolan

Bandung (JL) : Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Lampung mengadakan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas keprotokolan di Fave Premier Hotel, Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/3/2019). Bimtek diikuti 38 peserta dari Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Lampung.

Menurut Kabag Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Publik, Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung, Heriyansyah, protokol merupakan garda terdepan dalam mengawal dan memastikan kegiatan berjalan baik dan lancar. “Protokol memiliki fungsi luar biasa yakni berperan dalam memastikan kegiatan pimpinan dan memastikan agar kegiatan berjalan dengan bagus. Dan semua itu kuncinya ada diprotokol,” jelas Heriyansyah.

Dia menjelaskan bimtek ini sangat penting dalam meningkatkan kapasitas di bidang keprotokolan. “Bimtek ini sangat penting karena kita harus tahu bagaimana melayani pemimpin dan orang-orang penting,” kata Heriyansyah.

Dia juga berpesan agar peserta mampu mengikuti dan menyimak kegiatan ini dengan baik. Sehingga, ilmu ini dapat diterapkan dan diimplementasikan dalam menjalankan tugas. Heriyansyah berharap bimtek ini mampu meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas keprotokolan. “Bimtek ini diharapkan mampu meningkatkan dan mendukung kegiatan resmi yang berhubungan dengan tugas keprotokolan,” ujar dia.

Paparan keprotokolan disampaikan Fungsional Perencana Bappenas, Rudy Alfian. Dia, menjelaskan keprotokolan merupakan serangkaian kegiatan terkait aturan acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, dan masyarakat.

Secara umum Bagian Humas dan Protokol mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Asisten Administrasi dalam merencanakan teknis operasional, merumuskan kebijakan dan koordinasi teknis administratif penyusunan rumusan kebijakan dan pengkoordinasian Dinas Daerah dan Lembaga Teknis Daerah melalui pelayanan ketatausahaan pimpinan, pelayanan keprotokolan pimpinan serta koordinasi pelayanan publikasi dan pemberitaan pembangunan pemerintah daerah.
Tugas keprotokolan, adalah membangun hubungan yang kondusif di berbagai tingkatan pemerintahan. Aktifitas seorang protokol, katanya, menjadi cermin bagi organisasi di mata publik. Karena itu, protokol dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas dan keilmuannya.
Lewat Bimtek itu bisa menyatukan persepsi dan pemahaman serta keragaman dalam melaksanakan tugas sehingga dapat menunjang kelancaran pelaksanan kegiatan, tugas pokok dan fungsi keprotokolan.
Perlu adanya dorongan seluruh unit kerja keprotokolan di seluruh kabupaten dan kota untuk mengaktualisasikan diri dan meningkatkan profesionalisme sebagai bagian dari upaya memberikan pelayanan bagi masyarakat.
Untuk itu perlu ada sebuah keseragaman dalam pola kerja pelayanan keprotokolan sesuai dengan protap yang telah ditetapkan. Dengan demikian, pembagian tugas dan fungsi masing-masing kegiatan dapat diperlakukan sesuai dengan fungsi dan peranannya. (Humas Prov Lampung)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat