Journal Lampung

Proporsional & Berimbang

Lemhanas RI Pilih Lampung Lokasi Pertama Kajian Poros Maritim Dunia

Bandar Lampung (JL) : Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI memilih Lampung menjadi lokasi pertama focus group discussion (FGD) kajian jangka panjang bertema ‘Pengembangan kekuatan pertahanan negara dalam konteks poros maritim dunia guna kepentingan nasional’. Lampung dipilih karena pernah meraih rangking kedua nasional Indeks Ketahanan Nasional Lemhanas pada 2018.
Pimpinan rombongan Lemhanas RI Laksda TNI, Riyadi Syahardani, mengapresiasi Pemerintah Provinsi Lampung atas pencapaian dan prestasi itu. Menurut Riyadi, Provinsi Lampung dipilih karena memiliki potensi maritim dan berada pada Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I Lampung yang strategis mendukung Indonesia sebagai poros maritim. “Potensi kemaritiman di Lampung banyak, didukung dengan infrastruktur seperti jalan tol dan tol laut yang dapat meningkatkan konektivitas antar pulau. Ini mempermudah aktivitas manusia di daerah atau provinsi dan menjadikan Lampung menjadi provinsi pontensia,” jelas di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Senin (11/3/2019). FGD kali ini diharapkan dapat memberikan masukan dan strategis bagi pembangunan ketahanan dan penguatan pembangunan kemaritiman di Lampung. Menurut Asisten Bidang Ekbang, Taufik Hidayat, sebagai daerah dengan kepadatan penduduk tertinggi di Sumatera, Lampung memiliki berbagai potensi. Di antaranya kawasan konservasi seperti kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Kemudian, potensi pertanian seperti pisang, nanas, kopi, jagung, dan singkong dengan produksi skala nasional.
Selain itu, Lampung memiliki destinasi wisata terutama wisata bahari yang menempat Lampung menjadi salah destinasi wisata terbesar di Indonesia. “Pembangunan pariwisata Lampung yang mengedepankan pertumbuhan ekonomi yang selaras dengan kebijakan nasional. Salah satu potensi Lampung yang mendunia yaitu surving dan keindahan laut seperti Teluk Kiluan dan Pulau Pahawang,” kata Taufik. (Humas Prov Lampung)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat